Monday, March 29, 2021

WORKSHOP BPH ROMBEL III SELASA 30 MARET 2021

 WORKSHOP BPH UMRI ROMBEL III 

SELASA 30 MARET 2021




MATERI; Drs. H. AMRAN HASAN, MM 

(Amal Usaha Muhammadiyah/AUM)

Wewenang BPH UMRI mengangkat dan memberhentikan Dosen

Mengembang UMRI

Mengembangkan Pembinaan dan Penanaman AIK pada dosen.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai silaturahmi dan saling berbagi ilmu antara BPH dan Dosen.

Pengamalan di AUM tahun 1981 di Pekanbaru. Alumni UMSB tahun 1980 dengan gelad BA, Fakultas Tarbiyah. tahun 1984 kuliah di UIN. Pensiunan di AUM SMP Muhammadiyah Pekanbaru.

Semakin bertambah umur jangan tinggal untuk tetap berpenampilan rapi, banyak bergaul dengan teman.

Amal Usaha; dikatakan amal usaha karena

Muhammadiyah; Gerakan Islam, Dakwah Islam, Amar-Ma'ruf Nahi Munkar

Tujuan Muhammadiyah; menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya. 

Usaha untuk mencapai tujuan Muhammadiyah; mendirikan amal usaha dalam bidang pendidikan salah satu usaha yang dibuat untuk mencapai tujuan, merupakan amal usaha terbanyak. Cara tampilan dalam amal usaha berbeda dengan gerakan lainnya.

usaha:

1. Penanaman keyakinan, pemahaman, dan menyebarluaskan ajaran islam dalam berbagai aspek ehidupan (Fiqih)

2. Pengembangan kajian dalam berbagai aspek kehidupan, menuju islam yang sbeenar-benarnya. (Tajdid)

3. memajukan pendidikan (Sekolah dan perguruan tinggi)

4. memajukan ekonomi (koperasi, minimarket, swalayan)

5. Meningkatkan kualitas kesehatan (RS, klinik)

6. Mendayagunakan sumber daya alam untuk kesejahteraan (Perkebunan)

7. mengembangkan komunikasi dan kerjasama berbagai bidangdalam masyarakat dalam dan luar negeri. (Ranting sampai ke luar negeri, PCIM di berbagai negara)

8. Berperan aktif dalam berbangsa dan bernegara

amal usaha; ciri khas istilah yang ada di muhammadiyah. ada aktifitas operasional, pelayanan dan aktivitas pimpinan (harus seiring dan sejalan). menyatukan pola pikir pimpinan. 

Cita-cita K.H. Ahmad dahlan dalam pendidikan: menciptakan intelektual dan ulama. intelektual yang ulama, ulama yang intelek.

18 November 1912 mendirikan muhammadiyah

desember 1911 mendirikan sekolah

Diskusi dengan intelektual sangat berbeda. 

Tidak perlu jadi ulama dalam gerakan muhammadiyah, namun dengan profesi masing-masing dapat mengembangkan amal usaha untuk mencapai gerakan muhammadiyah sehingga tujuan tercapai.

Hal yang bisa dilakukan: Setiap memulai perkuliahan awali dengan membaca salam dan basmalah.  dan mengakhirinya dengan hamdalah

Di Umri apakah hanya mengajar? hanya mencari uang? 

Setiap kegiatan yang dilakukan dosen UMRI dalam rangka dakwah Islam sesuai profesi dan ilmu keahliannya masing-masing, melakukan amar ma'ruf nahi munkar. Merupakan tugas semua dosen di UMRI.

masukkan dalam materi perkuliahan dan penyampaiannya dalil-dalil yang menyokong materi yang disampaikan tidak perlu terlalu banyak, akan tetapi sedikit namun segera dimulai.

Muhammadiyah dengan AUMnya membuka lapangan kerja bagi masyarakat. 

UMRI merupakan salah satu Amal usaha muhammadiyah. amal usaha dilakukan pada semua bidang termasuk ekonomi. 

Fungsi AUM; tempat beramal, saran dakwah, ladang pembibitan kader. jadi niat yang dimiliki dosen tidak hanya satu, tapi mejalankan fungsi diri dalam AUM yaitu beramal, berdakwah dan menjadi kader serta menghasilkan bibit kader pada mahasiswa.

AUM: impelentasi strategi Muhammadiyah. kaitkan setiap materi yang diajarkan dengan AIK. Dosen merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan dan peningkatan mutu pendidikan.

Harus ada kepatuhan Dosen di AUM :

1. Selalu menjaga nama baik muhammadiyah

2.  Selalu mengutamakan dan mendahulukan tugas-tugas dari muhammadiyah 

hambatan: tidak ada kemauan untuk berubah, tidak ada visi untuk maju, berfikir sempit, bekerja senditi tidak dalam team, jaringan terbatas.


MATERI PAK ISJONI: KETUA BPH UMRI

METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF RASULULLAH)

Akhir dari workshop membat buku ajar materi perkuliahan dengan mengintegrasikan AIK dengan menuangkan Alquran dan hadis dalam buku tersebut.

Rasulullah adalah pengajar dan pendidik, Dosen UMRI harus melakukan hal yang sama

Pengajaran yang diberikan adalah perilaku positif menjadi teladan yang baik bagi mahasiswa dan mengajarkan keesaan Allah swt. harus menjaga wibawa, wibawa melekat dalam diri dosen. Dosen dekat dan akrab dengan mahasiswa itu penting, namun tetap berjarak tetap harus ada batasan.

Bekal pendidik: empati, kasih sayang dan ambisi (sukses dunia dan akhirat)

empati; 

kunci sukses; pandai-pandai (empati) jangan memandai-mandai. Pada pimpinan harus bisa menyesuaikan diri, dosen bisa menyesuaikan diri dengan mahasiswa. hubungan tersebut berkelanjutan, jangan diukur dengan kepentingan. keberlanjutan hubungan tersebut ke depan yang harus dijaga.

Tugas dosen membuat RPS dengan integrasi AIK di dalam materinya. 

apa yang kita sampaikan mahasiswa memahaminya, baru kita dikatakan berhasil.

Dosen Berkata benar, jujur. jangat pelit ilmu, dapat dipercaya setiap omongannya, berjuang tanpa pamrih tidak memikirkan imbalan, disyukuri apa yang telah diberikan umri. menyampaikan materi sesuai dengan sumber yang dibaca, bisa dipertanggung jawabkan, jangan salah tafsir.

metode pembelajaran rasulullah Halaqah (bentuk lingkaran) mengelilingi rasulullah. Metode dialog dan diskusi (al-hiwar wa al mujadalah). Dosen bisa sebagai tempat konsultasi. semakin dekat dengan mahasiswa semakin memahami karakter mahasiswa. merangsang mahasiswa menyatakan pemikiran dan pendapatnya tanpa rasa takut karena  mendapatkan kesempatan.

metode rasulullah dengan ceramah (al-khutbah), menggunakan kalimat yang empati, singkat, padat, langsung ke inti, memberikan contoh, perumpamaan yang logis sehingga materi mudah dipahami.

metode rasulullah dengan kisah (A-Qishshah), untuk membantu menjelaskan pemikiran. sampaikan kisah yang positif dan membangun.

metode rasulullah dengan penugasan (at-tathbiq). untuk memberikan pengajaran bagi yang tidak tahu.

metode rasulullan dengan berikan teladan dan panutan (al-uswah dan al-qudwah), menerapkan apa yang disampaikan dalam perilaku sehari-hari. menjadi teladan jadi mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan saja. harus terbentuk hubungan yang harmonis, pertemanan tidak hanya sesaat, tapi berlangsung lama. 

Metode rasulullah perumpamaan (dharb al - amtsal), memberikan contoh-contoh perumpamaan.


MATERI: PAK SUDIRMAN M. JOHAN

PARADIGMA PAHAM KEAGAMAAN DAN MODERNIS

Manusia memiliki kelebihan dengan diberikan akal, namun harus menggunakan wahyu untuk memahami ilmu pengetahuan. supaya tidak menjadi Fir'aun, komunis, atheis. Memiliki potensi namun tidak mengakui adanya tuhan, animisme.

jangan lupa gunakan akal dengan menanamkan "lailahaillallah, muhammadurrasulullah"

kondisi sebelumnya Tahayul, Bid'ah dan Churofat (TBC), inilah yang akan dibersihkan oleh Muhammadiyah dalam gerakannya, 

kemudian banyak mazhab yang berkembang dalam fiqh islam. Muhammadiyah melakukan kajian melalui melalui tarjih untuk tetap berdasarkan Al-Quran da hadits.





No comments:

Post a Comment

RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025

  RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025   SELASA 4 FEBRUARI 2025 Kepada Yth : Bapak ibu dosen dan laboran di program studi keperawatan  Di    T...