Tuesday, March 30, 2021

WORKSHOP ROMBEL III BPH UMRI RABU 31 MARET 2021

 WORKSHOP ROMBEL III BPH UMRI 

RABU 31 MARET 2021

MATERI: Dr. H. ELFIS (SEKRETARIS BPH UMRI)

Workshop ini dilaksanakan sebagai tanggung jawab BPH untuk memberikan pemahaman kepada Dosen, bahwa Dosen bertanggung jawab untuk mengintegrasikan nilai-nilai AIK dalam perkuliahan masing-masing dosen, sesuai dengan kompetensi dan konten materi. kelompok kompetensi kognitif, psikomotorik, dan AIK.

Mentransformasikan kognitif; informasi kepada mahasiswa dari tidak tau menjadi tahu. dari tidak paham menjadi paham. dari tidak bisa menjadi bisa. dari mencontohkan dari buku panduan menjadi level mahir.

Mentransformasikan sikap/afektif; dari sikap biasa-biasa saja menjadi lebih baik. Posisi AIK, disini  dosen harus memahami profil lulusan dari program studi, di profil lulusan akan dititipkan kompetensi, sehingga harus diperkuat dalam setiap proses pembelajarannya.

Tugas Dosen untuk mengintegrasikan nilai-nilai AIK, dan muncul di capaian pembelajaran lulusan (CPL), CPL sikap KKNI item 10  item jangan dikurangi lagi, harus masuk semuanya).

Bukti CPL tercapai apabila ada kebanggaan alumni dengan kampusnya. Semua Dosen berharap menjadi Dosen yang profesional, jabatan fungsional sebagai asisten ahli, lektor, lektor kepala dan guru besar.

Merujuk sistem penilaian SNPT, dosen dianggap sukses atau tercapai CPL, bila 85% mhs yang mengikuti perkuliahan nilainya sama atau diatas nilai yang ada di kontrak perkuliahan, skor harus digeser ke 70 untuk mendapatkan nilai C, tidak mungkin nilai D karena mahasiswa sudah mengambil KRS perkuliahan tersebut, sehingga sudah menjalani proses, dan disini sudah ada peran dosen PA.

Apabila nilai dibawah nilai kontrak perkuliahan, maka tanggung jawab dosen untuk melaksanakan remedial untuk perbaikan nilai. jangan memposisikan diri sebagai dosen, tetapi sebagai pendidik.

Asal-usul nasib (Destiny) awalnya adalah pikiran. AIK; thouhgts menjadi Words, Words menjadi Action, Action menjadi Habbit, Habbit menjadi Character, Character menjadi Destiny (Nasib).

Hidup semata-mata tidak digambarkan oleh IPK, namun softskill lulusan yang akan menetukan nasibnya kedepan.

Kunci yang sering dilupakan dosen: membuka pertemuan dengan salam, membaca basmalah, segala do'a kebaikan, 

 "Orang bodoh yang bekerja keras dan haus untuk belajar akan menjadi lebih sukses daripada orang pintar yang malas untuk bekerja dan sudah merasa pintar" (Bob Sadino)

Semua Dosen harus mendidik mahasiswa: 

  • Transformasi keyakinan; Tranformation of beliefs
  • Menemukan tujuan, impian dan sasaran; Discovering Purpose, Dereams and Goals
  • Kecerdasan fisik; Physical Intelligence
  • Keterampilan sukses; belajar, berfikir, keterampilan hidup; Success Skill (Learning
  • Manajemen perubahan
  • Transformasi karakter Membangun tim pemenang
  • Komunikasi empati
  • Kecerdasan kreatif
  • Etika kecerdasan wirausaha
  • Hubungan dan jaringan
  • Pasarkan diri anda
  • Berbicara di depan umum yang efektif.

Confidence; pandai menghargai diri sendiri, percaya diri, bahwa dirinya patut layak untuk diterima sebagai SDM.

besok akan dikirimkan google form untuk evaluasi kegiatan workshop ini, dan akan ada workshop lanjutan ke depan. setelah UTS akan ada tambahan materi. gelombang 1 ini  sebagai materi basic akan ada materi advance.

nilai-nilai AIK tergambar di RPS, dan proses pembelajaran.

Dosen diminta sebagai transformer nilai-nilai AIK kepada mahasiswa.








MATERI PROF NAZIR: MEMAHAMI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH

Jalan hidup dalam surat al-fatihah, "ihdinasshirotol mustaqim"

Semua ayat yang ada di surat alfatihah, jadikan jalan hidup. tidak hanya dipahami tapi dijalankan dalam kehidupan.

Ideologi muhammadiyah adalah Al islam, jalan hidup yang akan kita tempuh, yang harus dipahami dengan baik dan benar, konteks akidah dan muamalah, berantas bid'ah yang muncul yang tidak sesuai dengan tuntunan rasulullah. berantas TBC ditambahkan berantas Korupsi dan Narkoba.

Penjajah eropa menjajah negara-negara muslim, berusaha menanamkan paham sekuler, sehingga agama terpisah dengan ilmu pengetahuan dan kehidupan. "Jangan bawa agama ke dalam politik?", "Mabuk agama, sehingga muncul istilah teoris?" hanya mengakui hasil pikiran saja, tanpa mendasarkan alquran dan hadits pada semua sendi kehidupan, 

Semua agama yang dibawa oleh nabi Adam sampai Muhammad adalah agama Islam.

Amar ma'ruf mengajak kepada kebaikan, mudah dan sudah kita lakukan. namun nahi munkar melarang maksiat, mencegah kemungkaran, masih jarang kita lakukan, dan tidak mudah, dan akan ada imbas kepada diri kita, hal ini ada resiko. 

upaya pembaharuan (tajdid), di bidang sosial, memperbaiki umat manusia melalui pembaharuan dalam bidang pendidikan. akan bisa memperbaiki pemahaman mahasiswa, dapat menjalankan kehidupan yang akan dilalui dengan layak.

Muhammadiyah menjadi lokomotif dalam gerakan kemerdekaan, tokoh-tokoh muhammadiyah bukan orang-orang biasa. 

ideologi muhammadiyah dituangkan dalam matan keyakinan dan cita-cita hidup muhammadiyah, sistematis daji pedoman hidup warga muhammadiyah. Islam menjadi paham, 

menjadi khalifah adalah menguasai semuanya. kognitif, afektif dan psikomotor.

Tarjih: dalam hal ibadah di dasarkan pada alquran dan hadits






MATERI Prof. Dr. Ir. USMAN MUHAMMAD TANG, M.S: perumusan kompetensi inti ke dalam indikator pembelajaran

IPK tidak menunjukkan karakter. Aspek sikap/attitude harus disampaikan dalam setiap materi. apabila tidak disampaikan maka akan menyuburkan pemahaman sekuler, memisahkan ilmu pengetahuan dengan agama tidak terintegrasi.

Sebelum masuk materi perkuliahan buat pemanasan dulu untuk mahasiswa, sampaikan pembuka untuk motivasi dan penekanan softskill. sampaikan adab, amal, 

Dosen harus mengajarkan akhlakul karimah. Belajar yang terbaik adalah anda mengajarkan. 

Karakter yang menonjol: bertanggung jawab, 

Masyarakat indonesia, harus dihindari: banyak yang percaya tahayyul, suka tepuk tangan dengan komando, post power sindrom, ada kepentingan bukan keikhlasan, mudah berubah tidak istiqamah, iri, hati, dengki, hasad, 

OB, outcome based. sekarang tanggung jawab dosen terhadap mahasiswa adalah outcome sampai lulusan menyatakan mendapatkan pekerjaan. minimal 80%. learning outcome (LO) menjadi capaian pembelajaran ,skil knowledge attitude (SKA). 

karakter suka memotong pembicaraan tak akan berubah, tetap akan ada jadi harus dihindari.

karakter: jadi yang selalu ditunggu kehadirannya, pusat perhatian, pribadi yang ada atau tidak ada kehadirannya biasa saja, karakter yang kehadirannya kadang tidak jadi perhatian, dan karakter yang diharapkan ketidakhadirannya (troble maker).










 
















No comments:

Post a Comment

RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025

  RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025   SELASA 4 FEBRUARI 2025 Kepada Yth : Bapak ibu dosen dan laboran di program studi keperawatan  Di    T...