Monday, September 15, 2025

FGD LUARAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH WAJIB UMRI SABTU 12 SEPTEMBER 2025

 FGD LUARAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH WAJIB UMRI SABTU 12 SEPTEMBER 2025 

AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK)

PANCASILA 

KEWARGANEGARAAN

BAHASA INDONESIA

BAHASA INGGRIS

KULIAH KERJA NYATA (KKN)
















  

















CATATAN:

WR 1 WIRDATI IRMA

  • Merupakan FGD kedua untuk MKWK UMRI : 18 SKS
  • tim LAIK akan menyusun ayat ayat yang dapat terintegrasikan dalam mata kuliah
PAK RISNAL LP2KM
  • melalui AIK 1-4 apa yang harus kita sepakati untuk luaran pembelajaran untuk bisa kita nilai dalam kurikulum OBE 
  • minimal 1 AIK ada 1 kegiatan ranting, tidak hanya dalam bentuk teori, tapi bisa dalam bentuk pengajian ranting yang diselenggarakan , dan ada kontrol dalam perkuliahan, output ini yang kita butuhkan 
  • bisa dalam bentuk shalat berjamaah penuh saat jadwal MK AIK , ini sebagai tolak ukur luaran, tidak hanya teoritis, mhs ada yang bisa menjadi imam shalat berjamaah
  • rumuskan luaran yang harus dicapai dalam 4 MK AIK
  • saran : untuk ibadah ada buku kontrol ibadah untuk mhs, praktek shalat jamak qasar yang dibuktikan dalam monitoring saat mhs keluar kota atau turun dalam kehidupan sehari hari
  • cara berpakaian, cara bertindak mhs, etika saat berpapasan dengan semua dosen UMRI, saat di lift,
  • keaktifan di persyarikatan untuk MK AIK 3
  • 8 SKS AIK tidak akan sanggup mengahasilkan luaran yang hebat, maka LAIK menjadikan pedoman PTMA sebagai kokurikuler, dan berperan untuk melaksanakannya di UMRI
  • kami hanya ingin menagih apa luaran dari AIK 1-4
  • untuk MK Bahasa inggris di UPT Bahasa ada luaran bahwa bahasa inggri sebagai pengantar akademik english for academic. minimal mhs kita bisa membaca jurnal dengan bahasa inggris, 
  • bahasa indonesia : luaran dalam bentuk bahwa mahasiswa menjadikannya sebagai dasar dalam metodologi penelitian
  • pancasila dna kewarganegaraan : luaran terkait edaran bulying, kekerasan seksual dan KDRT. silahkan dimasukkan dan diserahkan pada penanggung jawab mata kuliah
  • KKN : Luaran akhir ada dilakukan secara tematik, akan memberikan dampak pada luaran prestasi mahasiswa, bisa mengakakomodir dan memberikan dampak tanpa mencederai hal hal yang sudah kita susun dan laksanakan selama ini
  • kita sepakati SOP proses konversi, MK KKN perlu disematkan pola tematik, yang turun benar benar dengan keahliannya, perlu penyederhanaan dan perlu dirumuskan supaya efektif dan efisien. beban 2 SKS malah secara teknis melebihi 2 SKS
  • Berbasis permasalahan - permasalahan yang ada di masyarakat

PAK JUPENDRI:
  • MHS ANGKATAN 2025 : 3019 MHS, PR Ruang kelas untuk perkuliahan
  • MKWK/MKWU UMRI, MKWK FAKULTAS
  • Perubahan MKWK : Kewirausahaan diganti menjadi Bahasa Inggris untuk mendukung visi internasionalisasi UMRI
  • di transkrip akan menggunakan dua bahasa
  • 9 MK 18 SKS yang akan dibahas dalam FGD hari ini apakah luaran pembelaran sebelumnya masih bisa dipakai atau ada perubahan untuk mendukung kurikulum OBE berdampak
  • ada 5 MK 
  • target FGD harus selesai untuk bahan kajian dan luaran AIK , tidak ada intervensi samapai RPS dari tim revisi kurikulum. untuk lebih detail silahkan lanjutkan 
  • harus ada evaluasi dan terlihat dampaknya setelah ditetapkan luaran untuk seluruh MK AIK 1-4
  • sepakat untuk bahan kajian AIK 1-4 sesuai pedoman PTMA 
  • instrumen untuk mengukur luaran dari MK AIK 1-4 
  • luaran apa yang akan kita sepakati untuk AIK 1-4
  • ada buku kontrol ibadah mahasiswa untuk kontrol aktivitas AIK yang dapat mengcover MK AIK 1-4
  • untuk MK Bahasa inggris : dalam aspek writing dan speaking. 
  • bahasa indonesia, bahan kajian yang dibuat juga mendukung dalam bentuk tugas karya ilmiah mahasiswa , sehingga bahasa ilmiah yang dituangkan mhs dalam karya tulis ilmiahnya. mempraktekkan bahasa indonesia dalam bentuk karya ilmiah.
  • kami menunggu bahan kajian dari tim dosen pengampu bahasa inggris dan bahasa indonesia
  • untuk pancasila dan kewarganegaraan : mata kuliah yang juga membahas anti  korupsi, 


BPH UMRI: Prof. Dr. Nazir

  • MKWK UMRI untuk semua MK bermanfaat untuk mahasiswa, dilihat dari kemampuannya, kemampuan kognitif, fokus pada pengamalannya, attitude, aktivitas yang harus dilalui oleh mahasiswa, kognitif, (afektif dan psikomotor)
  • Keimanan harus ditekankan Aqidah islam
  • akhlaq dalam bentuk pendalaman oleh dosen dosen , pada sifat sifat yang harus dimiliki oleh manusia, dalam aspek hubungan dengan Allah, hubungan dengan manusia, dan hubungan dengan alam semesta
  • Islam dan IPTEKs, semua keilmuan yang didasarkan pada pemahaman logika (benar dan salah), estetika (keindahan dan keburukan), etika (attitude, akhlaq). 
  • pengetahuan etika akan berbeda persepsi, estetika juga akan berbeda persepsi, sehingga harus dikaitkan dalam Islam, sehingga dapat membedakan cara pandang mhs dengan cara pandang barat, dan tidak terperosok dalam paradigma orang lain.
  • pancasila harus dirujukkan pada islam, sila 1 sudah menunjukkan ketauhidan
  • bahasa indonesia, mhs jangan lupa bahwa melayu Riau memberikan andil besar dalam bahasa nasional bahasa indonesia
  • bahasa inggris sebagai bahasa pengantar internasional, keterampilan bahasa untuk mahasiswa,  luaran yang harus diunggulkan yaitu kemampuan writing dan speaking
  • keterampilan pada mahasiswa : duta wakaf , pembinaan remaja di lokasi KKN, 
  • cukup 4 saja AIK untuk AIK 5 (membaca dan menerjemahkan alquran) tidak dalam bentuk SKS, karena alquran tidak boleh diterjemahkan dalam bentuk tekstual
  • AIK 5 setuju tidak diletakkan secara formal dalam bentuk MK dengan SKS
  • Tapi dalam bentuk luaran sertifikat pencapaian mhs yang akan lulus
WR 3 JUFRIZAL SYAHRI
  • ada sertifikasi BNSP untuk dosen dosen pengampu MK AIK
  • boleh dari background keilmuan apa saja tetapi lulus sertifikasi BNSP sebagai dosen pengampu MK AIK
  • Syarat minimal S2 sertified BNSP
  • transkrip dari kurikuler dan transkrip dari ko kurikuler untuk mahasiswa,
  • sebaiknya ada tim yang ditunjuk untuk merupmuskan dan menyederhanakan untuk instrumen yang dapat mengukur luaran pembelajaran AIK 1-4
  • proses-akhir-output - impact/dampak seharusnya imbang

REKTOR UMRI : Dr. SAIDUL AMIN
  • Sekolah konghucu : dispilin, aturan gaji guru yang berhubungan dengan budaya dan agama memiliki gaji 3 kali dari gaji guru lainnya, gaji guru dalam UMR, gaji guru asing 2 x gaji UMR.
  • Dosen AIK harus minimal S3
  • silahkan yang mau S3 ke UMAM
  • ubah mindset agar dosen AIK UMRI sebagai contoh untuk seluruh PTMA
  • tahun depan harus anggarkan di LAIK. tetapi harus memenuhi syarat untuk menjadi dosen AIK, dosen AIK harus ada target dalam mengajar, setelah mengambil MK mhs akan teguh dalam keimanan, shalat berjamaah, shalat 5 waktu tidak bolong - bolong, mhs harus bisa membaca alquran
  • harus meningkatkan harkat dan martabat UMRI dengan adanya perubahan mahasiswa setelah menjadi 
  • jangan jadi beban bagi universitas, Dosen AIK yang tidak mampu membuat perubahan, tidak ada perbedaan dalam mengajar siswa dan mengajar mahasiswa , maka perlu dievaluasi
  • dosen bahasa inggris harus buat perubahan bahwa mahasiswa dalam berbahasa inggris , based on research. setiap akhir semester harus ada evaluasi, setiap semester harus ada perubahan. dievaluasi dosen - dosen yang bagus, yang tidak bagus tidak usha mengajar lagi di UMRI
  • bawa mhs untuk menonton suatu film tanpa subtitel, manfaatkan fasilitas audio visual untuk proses pembelajaran, setelah pembelajaran mhs memaparkan hasil yang sudha ditontonkannya
  • KKN memberikan perubahan, ada tambahan ranting. perubahan pandangan terhadap stigma menjadi lebih baik tentang muhammadiyah, pengabdian , tiada KKN tanpa ada penambahan amal usaha dan ranting di lokasi KKN
  • ada edukasi pada masyarakat saat mhs KKN, sehingga masyarakat terhindar dari narkoba
  • integrasi islam dalam keilmuan di PTMA belum duduk 
  • jangan sampai dengan adanya FGD malah tidak ada hasil dan perubahan yang didapatkan
PAK SANTOSO
  • Keimanan dan kemanusiaan : dampak bahwa islam dapat diterima oleh agama apapun
  • kesyirikan modern yang muncul  
  • mentoring ideologis dengan melibatkan IMM
  • bawa kami dosen AIK untuk dibawa duduk bersama, termasuk LAIK sebelumnya dibawa duduk bersama untuk ada kesinambungan LAIK sebelumnya dan sekarang. sehingga ada evaluasi setiap semester, setiap tahun ada laporan evaluasi kemampuan baca alquran maahsiswa, sehingga gerakan kita terukur, dan ada pola yang berkesinambungan, dan tidak perlu mengulang lagi dari awal
  • mekanisme kontrol ibadah termasuk dalam mentoring alquran, aktivitas keaktifan di AUM, ada circle metoring
  • satu kelas ditentukan ada berapa mentor dengan peserta 7-10 orang, mentor mhs senior atau mhs yang punya kapasitas dari IMM, 
  • saat ini banyak mentor yang tidak siap. lulusan pesantren yang hafal alquran banyak, saat diminta sebagai mentor tidak semua yang mampu untuk menjadi mentor
  • karena masuk pesantren karena paksaan bukan keinginan sendiri, sehingga menjhadi PR kembali
  • gerakan dakwah kepada mhs harus digalakkan
  • buku dakwah, form mentoring buku kontrol ibadah
PAK AFDHAL
  • program mentoring alquran dilakukan setiap jumat jadwal AIK untuk mahasiswa
  • program mentoring alquran untuk dosen dan karyawan silahkan dilaksanakan oleh fakultas masing masing
  • kalau mau AIK ini lebih baik maka kebijakan dan pelaksanaan harus sinkron dalam UMRI
  • AIK 1 : Luaran video keimanan dna kemanusiaan, mhs merekanm dan upload ke mdsos masing masing
  • AIK 2 : Luaran membuat video ibadah praktis sesuai tarjihm seperti wudhu, shalat
  • AIK 3 : Video kegiatan di tingkat AUM
  • AIK 4 : 
  • jika belum terlihat maka dosen pengampu AIK harus dievaluasi
  • dosen tidak punya waktu untuk mendapatkan praktik ibadah praktis, sehingga luaran dalam bentuk video
PAK MIZAN
  • mentoring harus berdayakan mhs tahfidz sehingga dapat laporan kemajuan proses mentoring
  • FEKON memiliki RPS Khusus, yang memberikan bentuk luaran berdampak, 
PESERTA:
  • gunakan saja instrumen yang sudah ada dan kita sepakati untuk kita gunakan
PAK HIJAZI
  • diskusi hari ini terlalu melebar dalam banyak aspek, tidak fokus
  • bahan sudha ada tinggal kita merumuskan dan sudha jadi pedoman dan bisa di ekstrak menjadi kurikulum dan justifikasi dari berbagai pihak
  • improvisasi dalam mencapai tingkat luaran yang paling optimal
  • pendekatan metodologi dalam pembelajaran AIK belum terlihat
  • saya bukan produk AIK di muhammadiyah walaupun mentor kita merupakan SDM Muhammadiyah
  • AIK 1 dan 2 : pola pendidikannya lebih banyak mandiri, karena tidak akan cukup ilmu jika diajarkan dalam kelas, harus diberikan tugas mandiri, dan ada jam mhs keluar untuk mendapatkan ilmu secara informal
  • mesjid UMRI kenapa saat dzuhur dan Ashar malah kosong
  • perlu pendekatan cultural dan sistem pembelajarn informal untuk memperkaya ilmu keislaman dan intelektual, harus dijelaskan ke mahasiswa, dengan aktifitas di ranting dan cabang muhammadiyah
  • akan lebih bagus melalui LAIK dan DKM membuat program program halaqah ,
  • diawali dengan halaqah dalam komunitas kecil yang nanti akan berkembang
  • ada halaqah di mesjid seperti pola di mesjid nabawi madinah, sehingga lebih mudah dilakukan , sebagai cara untuk memperkaya ketercapaian luaran pembelajaran AIK
  • ada Halaqah alquran di mesjid
  • mhs cuma 60% melek alquran, sehingga tidak ada perkembangan dalam AIK oleh LAIK
AIDIL LP2M
  • KKN yang dilaksanakan sudah mengarah apad tematik dan luaran sudah terukur, publikasi artikel  pada jurnal ilmiah pengabdian
  • seminar hasil riset dan seminar hasil pengabdian 
  • publikasi sudah mengarah terindeks scopus
  • format template sudha diarahkan ke hasil penelitian
  • publikasi media massa , semua kelompok wajib melakukannya
  • laporan pengabdian masyarakat yang harus diketahui oleh LP2M. jangan hanya dalam bentuk laporan KKN, 
  • Luaran membuat buku profil desa , jika layak akan diberi ISBN, karena UMRI sudah ada UMRI Press
  • penguatan AIK memang masih kurang
  • namun KKN Mas bisa mewujudkan 4 PCM, sehingga SIAK saat ini sudah ada 15 PCM
  • konversi : satukan persepsi , proses konversi KKN cukup hanya penalaran pada pengabdian masyarakat
  • harus publish jangan ahnya submit saja tanpa publikasi di jurnal dalam bentuk artikel pengabdian
  • KKN tidak mesti di semester akhir, bisa juga dilakukan di semester dua, 
  •  
DOSEN BAHASA INDONESIA
  • luaran MK bahasa indonesia sudah dalam bentuk publikasi artikel ilmiah di jurnal yang terakreditasi
  • mhs difokuskan untuk skil writing, reading. listening, speaking
  • luaran : video roleplay untuk speaking dan listening
  • untuk writing dan reading dalam bentuk penugasan, Luaran : dalam bentuk essay bahasa inggris
  • usulan FGD membaca jurnal internasional akan dipertimbangkan 
HASIL FGD:
  • Menunggu kelengkapan bahan kajian MKWK UMRI dari dosen pengampu MKWK selain AIK
  • Luaran untuk AIK 1-4 dalam bentuk lembar monitoring, dan keaktifan dalam persyarikatan
  • AIK 1-4 mengikuti pedoman PTMA
  • MK Bahasa luaran dalam bentuk publikasi artikel ilmiah

No comments:

Post a Comment

Kegiatan Program Peningkatan Kapasitas AIK bagi seluruh Pegawai Universitas Muhammadiyah Riau Jum’at/ 12 Desember 2025

Kegiatan Program Peningkatan Kapasitas AIK bagi seluruh Pegawai Universitas Muhammadiyah Riau yang Insyaallah akan dilaksanakan pada: Hari/t...