PENGUATAN AIK DOSEN DAN TENDIK UMRI KAMIS 19 SEPTEMBER 2024
CATATAN: UAH
PENGUATAN AIK DOSEN DAN TENDIK UMRI
3 bagian pokok :
sebagai akademisi, menjalani juklak dan juknis mengacu pada UU SISDIKNAS 20 TAHUN 2023
tujuan seluruh pendidikan indonesia UUD 1945, pemerintah melaksanakan pendidikan meningkatkan keimanan kepada tuhan yang maha esa dengan akhlaq mulia
iman dan taqwa, terwujud akhlaq mulia
hanya di Islam: iman - taqwa - akhlaq
IMAN kosakata konsekuensi syariat Islam
sumber islam dalam alquran, teknis di sunnah
muhammadiyah adalah gerakan islam, dengan basic iman dan taqwa, roda penggerak muhammadiyah, amar ma'ruf nahi munkar, bersumber pada alquran dan sunnah
poin mencerdaskan kehidupan bangsa
implementasi nilai yang ada di UUD 1945, hanya 1 di indonesia yaitu muhammadiyah
matan dan keyakinan dan cita cita hidup, diaplikasikan pada 171 kampus di muhammadiyah
defenisikan dengan bahasa alquran
akhlaq tujuan akhir dari sikap yang menyertai seluruh aktivitas kehidupannya
ada khaliq dan makhluq - khalaq (PROSES PENCIPTAAN)
khaliq hanya Allah SWT
karakter berkehidupan adalah khuluq
puncak akhir proses pendidikan adalah khuluqul 'adzim : akhlaq mulia
dasarnya iman dan taqwa
sapta marga : salah satunya taqwa pada tuhan yang maha esa , kejujuran dan keadilan
bila menjadi hakim: taqwa
dimulai dari pendidikan, diberikan etos kerja yang baik
kuatkan nilai pendidikan yang diinginkan AIK
pendidikan kekinian: 2 elemn penting kekuatan intelektual dan kekuatan fisikal
kepekaan emosi tak ada, kepekaan sosial tidak ada
allah sudah ciptakan instrumen 3 elemen kemanusiaan: fisik-
dibentuk dalam hari 40 hari pertama proses fertilisasi
40 hari kedua
40 hari ketiga
120 hari baru ditiupkan ruh (4 bulan)
'aqal-alaq-(ada fisik dan ruh) hilang 1 hilang manusia. tak ada akal menjadi hewan, hilang ruh jadi mayit,
surah 2 ayat 18 : halalan toyyibah untuk membentuk fisik, dampak tidak halal ke fisik
fisik kuat namun akal lemah
akal lemah, ilmu lemah fisik bekerja berat, jadi lelah dan tidka sehat
surat al- 'alaq
kampus penuh riset, arahkan mhs untuk kritis : tilawah
tadabbur
penguatan: fungsi akal : 'aqal : perumus keputusan, bukan membuat keputusan, merumuskan semua informasi yang masuk, dikemas menjadi knowledge.
perintah eksekusi adalah ruh kekuatan spiritual, membentuk karakter moral dan spiritual, dieksekusi oleh fisik
hanya mendidik akal : merumuskan mhs yang akan berkerja untuk fisiknya
akan tiba suatu era karakter manusia unik: percepatan digital, pasar mudah diakses, waktu terasa cepat.
proses akademik membentuk karakter kerja
kompleksitas masalah sosial dinamis, akan banyak manipulasi, fitnah makin merebak, tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang fitnah. karena krisis moralitas
yang pintar banyak, namun bila pendidikan kehilangan dasar nilai - nilai
semakin pintar dan tinggi moral makanya kerja fisik menjadi lebih sedikit
yang harus diutamakan adalah membentuk karakter akhlaq mulia
saat ini anak SD sudah berzina, sudah membunuh ibunya,
sebelum pendidikan akal utamakan pendidikan moral
sebelum logos maka harus ada etos terlebih dahulu
pengenalan alquran dalam bentuk akhlaq
adab dalam ilmu , tertib dalam kehidupan formal, hasil hubungan baik ruh dan fisik adalah akhlaq
tenaga pendidik bertugas untuk mendidik dengan mengutamakan akhlaq, punya basic moral yang sama dimulai dari tingkat mhs , yang cerdas dan bermoral serta akhlaq mulia
fisik-'aqal-ruh
SPIRITUAL DARI ALLAH DITITPKAN KEPADA MUHAMMAD
MENGAJAR-MENGAJAK = PENDIDIKAN
KHAIR: JUJUR, SABAR, RENDAH HATI
MENGAJAK MASIH NETRAL
PERINTAH JUJUR : AMAR MA'RUF. KHAIR MENJADI SIKAP, PRAKTEK SEBELUM DIAJARKAN
PRESTISE TINGGI, KEPERCAYAAN MHS MENJADI LEBIH BESAR
PERINTAHKAN KEPADA KEBAIKAN, SECARA MORAL TANPA DILAKUKAN DULU OLEH DOSEN, MAKA AKAN SULIT UNTUK MENGAJARKAN DAN MENGAJAK MHS
DO IT - BARU BERIKAN INSTRUKSI (berikan contoh dalam action baru memberikan instruksi)
MULAI DENGAN PENGUATAN SPIRITUAL TERLEBIH DAHULU, DOA LEBIH DAHULU BARU LANJUTKAN MEMBERIKAN ILMU PADA MHS
pendidikan berjenjang untuk membentuk karakter istimewa
mhs tidak akan bisa diberikan perintah untuk baik kalau dosen tidak memberikan contoh yang baik
DOSEN: PASTIKAN MEMILIKI 4 BAGIAN
PAKAR DI BIDANG YANG AKAN DIAJARKAN - LINIER
ILMU DOSEN DI BACKUP DENGAN KEKUATAN SPIRITUAL ADA KONEKSI DENGAN ALLAH (RUKUN ISLAM DILAKUKAN DENGAN BAIK). DILAKUKAN DALAM KESEHARIAN
BERDOA SEBELUM MEMULAI PERKULIAHAN
TATAP WAJAH ORANG YANG MEMBERIKAN ILMU, BERAPA BANYAK MHS YANG DIDOAKAN UNTUK SUKSES DALAM KEHIDUPANNYA
investasi mengajar sampai di akhirat, ilmu yang bermanfaat. yang berhasil menuntun mhs yang selalu di jalan Allah SWT dalam sepanjang kehidupannya
mendapatkan mhs yang akan menggandeng tangan kita untuk masuk di surga
salamun 'alaikum menjadi dosen yang sabar menyampaikan ilmu yang mempunyai visi sampai ke akhirat
3 perkara : dosen totalitas mengajar, wafat, maka selesai perjuangan namun ilmu bermanfaat akan terus mengalir sampai akhirat, tetap diamalkan oleh mhs sepanjang kehidupannya, membuktikan proses pendidikan menjadi dosen yang baik bagi mhs
mulai dari diri kita untuk membentuk mhs dengan kekuatan spiritual yang matang
risalah nabi membawa cahaya membawa kehidupan manusia menjadi peradaban baru yang qurani
peradaban islam
ilmu bersifat cahaya, dosen yang bagus : bagaimana menghadirkan cahaya dalam hidupnya dengan alquran sebagai kurikulum hidup
tugas menjadikan ayat alquran dalam seluruh kehidupan dalam civitas akademika UMRI
MULAI DENGAN ALQURAN DALAM MENDIDIK
ALQURAN MENSTIMULASI OTAK DAN MENINGKATKAN KECERDASAN 3 KALI LIPAT
PENDIDIKAN : SPIRITUAL-FISIKAL-INTELEKTUAL
DOSEN PUNYA KEWAJIBAN SEPERTI NABI MENGAJAR
SABAR DALAM MENDIDIK SAMPAI MHS AKAN MEMEGANG TANGAN KITA DI AKHIRAT UNTUK MASUK SURGA
No comments:
Post a Comment