Tuesday, April 6, 2021

MODUL PEMBELAJARAN DARING SERVICE EXCELLENT KEPERAWATAN KREDIT: 2 SKS

 modul pembelajaran daring

 SERVICE EXCELLENT KEPERAWATAN

kredit:  2 SKS


TIM PENYUSUN:

Ns. ISNANIAR, S.Kep,M.Kep

Ns. PRATIWI GASRIL, S.Kep,M.Kep


PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

2020


KATA PENGANTAR

Bismillaahirrahmanirrahiim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Modul Service Excellent Keperawatan ini disusun seiring semangat untuk menyediakan modul yang bermutu. Semoga dapat jadi rujukan yang mendasar bagi siapa saja yang ingin memahami Service Excellent Keperawatan.

Meskipun penulisan ini diusahakan dengan upaya maksimal, kita tetap menyadari bahwa modul ini masih terdapat kekurangan. Maka petunjuk, kritik dan saran semua pihak sangat kita harapkan, agar dapat diperbaiki pada masa mendatang.

Akhir al kalam, terimakasih kita hulurkan kepada semua pihak yang melancarkan penerbitan modul ini. Semoga dilimpahi banyak pahala


Pekanbaru, September 2020

Team Prodi Keperawatan UMRI


DAFTAR ISI

Kata Pengantar

Daftar Isi

Bab I    PENDAHULUAN

Bab II   ISI

TATAP MUKA 1

Kontrak perkuliahan, RPS, Rubrik Penilaian, Penugasan

Pengertian Jasa perawat, Konsep dan aplikasinya

Pengertian service excellence  perawat

TATAP MUKA 2

Layanan Prima / Customer Care perawat

TATAP MUKA 3

Perkembangan Service excellence perawat

TATAP MUKA 4

Studi Kasus Pelayanan keperawatan dan Cara Penyelesaiannya

TATAP MUKA 5

Jenis-Jenis Pasien, Dan Kepedulian Terhadap Pasien

TATAP MUKA 6

Strategi Pelayanan keperawatan Dalam Mempertahankan layanan prima perawat

TATAP MUKA 7

Karakteristik Petugas Pelayanan keperawatan

TATAP MUKA 8

UTS

TATAP MUKA 9

Mengenal Karakter Pasien

TATAP MUKA 10

Lanjutan Strategi Pelayanan keperawatan Dalam Mempertahankan layanan prima perawat

TATAP MUKA 11

Kepuasan Pasien

TATAP MUKA 12

Sasaran Kajian Pelayanan pasien

TATAP MUKA 13

Menghadapi Keluhan Pasien

TATAP MUKA 14

Komunikasi secara efektif dalam keperawatan

TATAP MUKA 15

Respon Kebutuhan pasien dan Keinginan Pasien

TATAP MUKA 16

UAS

Bab III PENUTUP

Daftar Pustaka

PENDAHULUAN

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

Fokus mata ajar Service Excellent membahas tentang konsep pelayanan prima dan menerapkannya dalam pelayanan keperawatan baik di rawat inap maupun rawat jalan disemua tatanan kesehatan

KEGUNAAN MATA KULIAH; APA YANG AKAN MAHASISWA PELAJARI PADA MATA KULIAH INI?

Setelah mengikuti pembelajaran mata ajar Service Excellent ini mahasiswa   diharapkan mampu melakukan menguasai konsep pelayanan prima dan menerapkannya dalam pelayanan keperawatan baik di rawat inap maupun rawat jalan disemua tatanan kesehatan

SASARAN PEMBELAJARAN YANG INGIN DICAPAI

1.Memahami pengertian jasa perawat, pasien, memahami kepuasan pasien. Perkembangan Service excellence perawat

2.Mampu mengaplikasikan layanan prima Perawat

3.Memahami berbagai macam kasus yang terjadi dari pelayanan jasa keperawatan dan mengetahui bagaimana cara menyelesaikannya

4.Memahami Strategi Pelayanan keperawatan dalam Mempertahankan layanan prima perawat

5.Mampu memahami dan mampu mengaplikasikan hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik petugas pelayanan keperawatan

6.Mampu memahami dasar pelayanan dan kemampuan untuk mengenal beberapa karakter pasien

7.Memahami Strategi Pelayanan keperawatan dalam Mempertahankan layanan prima perawat

8.Mampu memahami kebutuhan dan kepuasan  pasien, serta mampu melakukan usaha-usaha yang harus dilakukan untuk memperbaiki kepercayaan pasien

9.Memahami mengetahui berbagai macam sasaran kajian pelayanan pasien dalam kesehatan

10.Mampu memahami berbagai kategori keluhan pasien, dapat mengidentifikasi keluhan dan mengerti cara mengatasinya

11.Memahami berbagai model komunikasi efektif dalam keperawatan

12.Mampu memahami berbagai kategori keluhan pasien, dapat mengidentifikasi keluhan dan mengerti cara mengatasinya

 SASARAN BELAJAR

Sasaran belajar Service Excellent Keperawatan merupakan mahasiswa semester V Program Studi Keperawatan

COURSE OUTCOME

Pengertian Jasa perawat, Konsep dan aplikasinya

Pengertian service excellence  perawat

Layanan Prima / Customer Care perawat

Perkembangan Service excellence perawat

Studi Kasus Pelayanan keperawatan dan Cara Penyelesaiannya

Jenis-Jenis Pasien, Dan Kepedulian Terhadap Pasien

Strategi Pelayanan keperawatan Dalam Mempertahankan layanan prima perawat

Karakteristik Petugas Pelayanan keperawatan

Mengenal Karakter Pasien

Kepuasan Pasien

Sasaran Kajian Pelayanan pasien

Menghadapi Keluhan Pasien

Komunikasi secara efektif dalam keperawatan

Respon Kebutuhan pasien dan Keinginan Pasien

PETUNJUK BELAJAR BAGI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MODUL

Silahkan dibaca dan diikuti setiap materinya untuk setiap tatap muka yang dilaksanakan pada mata kuliah Cervice Excellence

INSTRUKTUR

Nama

Pendidikan Terakhir

Bidang Keahlian

  

: Ns. ISNANIAR, S.Kep,M.Kep

: S 2

: KEPERAWATAN

 

Nama

Pendidikan Terakhir

Bidang Keahlian

 


 

 

 

 

: Ns. PRATIWI GASRIL, S.Kep,M.Kep

: S 2

: KEPERAWATAN

 

No comments:

Post a Comment

RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025

  RAPAT PRODI KEPERAWATAN TAHUN 2025   SELASA 4 FEBRUARI 2025 Kepada Yth : Bapak ibu dosen dan laboran di program studi keperawatan  Di    T...